PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 DENPASAR

Pradha, Tuayu Chandy (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011037-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011037-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 2 KALIAN TEORI)
2013011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011037-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa merupakan salah satu dasar untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam pembelajaran matematika di sekolah, namun berdasarkan penelitian terdahulu masih terdapat siswa yang mempunyai kemampuan pemahaman konsep matematika yang rendah. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya variasi dalam penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Denpasar yang menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan bantuan E-LKPD lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang menerima pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Denpasar tahun ajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam 9 kelas, sebanyak 363 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII-4 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dengan melakukan tes uraian. Analisis data dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih dari nilai rata-rata kelas kontrol (76,16>52.22). Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t_hitung=7,251 dan untuk t_tabel=1,665 maka t_hitung>t_tabel serta nilai sig.0.000<0.05. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Denpasar yang berpartisipasi dalam aktivitas pembelajaran dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan E-LKPD lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Oleh karenanya dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan E-LKPD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs), kemampuan pemahaman konsep matematika, E-LKPD
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Tuayu Chandy Pradha
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:16
Last Modified: 25 Jul 2024 07:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21319

Actions (login required)

View Item View Item