Firdaus, Mohammad Hendra (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 PENARUKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021016-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021016-ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021016-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan E-modul berpendekatan Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPAS kelas IV SD N 1 Penarukan, (2) untuk mengetahui hasil validitas pengembangan e-modul berpendekatan Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPAS kelas IV SD N 1 Penarukan, (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan e-modul berpendekatan Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPAS kelas IV SD N 1 Penarukan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan R&D yaitu dengan model pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuesioner dan tes objektif berupa pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun E-modul berpendekatan Problem Based Learning dengan model ADDIE meliputi lima tahapan: (a) analisis (analyze), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation). (2) E-modul berpendekatan Problem Based Learning valid dengan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran yaitu 98,8% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran yaitu 92% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil review ahli media pembelajaran yaitu 95% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji perorangan yaitu 96,8% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji kelompok kecil yaitu 96,5% dengan kualifikasi sangat baik. (3) pengembangan E-modul berpendekatan Problem Based Learning yang dikembangkan efektif dan layak digunakan bagi siswa kelas IV di SD Negeri 1 Penarukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, e-modul, pendekatan problem based learning, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Mohammad Hendra Firdaus |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 01:22 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21366 |
Actions (login required)
View Item |