PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 8 DAUH PURI TAHUN AJARAN 2023/2024

Widiari, Ni Kadek Sri (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 8 DAUH PURI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031124-COVER.pdf

Download (432kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031124-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031124-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031124-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031124-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi atas permasalahan berupa kurangnya media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun multimedia interaktif berbasis pendekatan kontesktual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 8 Dauh Puri, (2) mengetahui hasil kelayakan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontesktual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 8 Dauh Puri, (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis pendekatan kontesktual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 8 Dauh Puri. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini ialah 3 orang ahli dan 32 orang siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, analisis statistik deskriptif, analisis deskriptif inferensial. Hasil dari penelitian ini berupa (1) Rancang bangun multimedia interaktif berupa media digital yang berbentuk link aplikasi. (2) Hasil kelayakan oleh ahli isi pembelajaran sebesar 93,75%, ahli desain instruksional sebesar 97,5%, ahli media pembelajaran sebesar 98,43%, uji coba perorangan sebesar 90,27%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,89% yang seluruhnya berkualifikasi sangat baik, dengan demikian multimedia interaktif dapat dikatakan layak. (3) Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 3,524, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 31, untuk uji satu pihak diperoleh ttabel = 1,695. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak, yang berbunyi hasil posttest siswa kurang dari atau sama dengan nilai KKTP dan Ha diterima, yang berbunyi hasil rata-rata nilai posttest siswa lebih dari nilai KKTP. Dengan demikian maka multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai bagi siswa kelas IV di SD Negeri 8 Dauh Puri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, pendekatan kontekstual, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Sri Widiari
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:40
Last Modified: 26 Jul 2024 03:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21419

Actions (login required)

View Item View Item