PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TRANSFORMASI UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Putra, I Putu Sentana Rudiman (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TRANSFORMASI UNTUK SISWA SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011065-COVER.pdf

Download (410kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011065-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1713011065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011065-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis GeoGebra dengan pendekatan kontekstual pada materi transformasi untuk siswa SMA kelas XI yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Development. Media pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari beberapa komponen yakni halaman judul, petunjuk penggunaan, kompetensi dasar (KD) dan tujuan pembelajaran, dan materi pembelajaran (yang memuat materi, eksplorasi GeoGebra, dan latihan soal). Berdasarkan hasil penilaian ahli, diperoleh validitas media berdasarkan ahli media memperoleh rata-rata skor sebesar 4,25 dalam kategori sangat layak dan validitas media berdasarkan ahli materi perolehan rata-rata skor sebesar 4,4 dalam kategori sangat layak. Selanjutnya, peneliti melakukan uji coba terbatas kepada 34 siswa kelas XI SMAS Lab Undiksha Singaraja untuk mengetahui tingkat kepraktisan dari media yang dikembangkan. Kepraktisan media pembelajaran melalui analisis angket respon siswa berada dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata sebesar 4,28 dan angket respons guru berada dalam kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata sebesar 4,58. Dari hasil tersebut, ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis GeoGebra memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, GeoGebra, Transformasi, Model 4D.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I PUTU SENTANA RUDIMAN PUTRA
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:35
Last Modified: 26 Jul 2024 08:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item View Item