Desinta, Agung Dwi Ambika (2020) Pengembangan Bahan Ajar Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Kimia Hijau Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031047-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031047-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031047-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis kimia hijau yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket, lembar analisis dokumen, lembar validasi, lembar uji keterbacaan, lembar uji kepraktisan, tes hasil belajar, lembar penilaian afektif, dan lembar penilaian psikomotorik. Karakteristik bahan ajar meliputi (1) prinsip-prinsip kimia hijau yang diintegrasikan yang terdiri atas pencegahan, rancangan produk kimia yang lebih aman, dan kimia yang secara alami aman untuk mencegah kecelakaan; dan (2) komponen-komponen lain seperti info kimia, prinsip kimia hijau, serta deskripsi, bahaya, kegunaan, dan pencegahan/penanggulangan bahan kimia. Kevalidan bahan ajar meliputi (1) validasi ahli isi dan praktisi menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,13 dengan kriteria valid; (2) validasi bahasa menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,25 dengan kriteria valid; dan (3) validasi media menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,52 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar sudah dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis. Keefektifan bahan ajar meliputi (1) hasil uji n-gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif; (2) uji proposi satu sampel menghasilkan proporsi ketercapaian kriteria ketuntasan minimal klasikal pada ranah kognitif dan psikomotorik lebih dari 85%; dan (3) hasil penilaian afektif telah memenuhi kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar berbasis kimia hijau yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, kimia hijau, larutan elektrolit dan nonelektorlit |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | AGUNG DWI AMBIKA DESINTA |
Date Deposited: | 26 Jul 2020 01:41 |
Last Modified: | 26 Jul 2020 01:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
View Item |