Fauziyah, Syifa'ul (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPAS untuk Siswa Kelas V SD Negeri 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021013-COVER.pdf Download (889kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021013-ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
2011021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021013-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V SD Negeri 4 Banyuasri, (2) Mengetahui hasil uji validitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V SD Negeri 4 Banyuasri, dan (3) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V SD Negeri 4 Banyuasri. Model penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi lima langkah yang sistematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V SD Negeri 4 Banyuasri melalui tahap model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation); (2) Validitas yang dilakukan terdiri dari uji validitas ahli dan uji coba produk. Hasil uji validitas ahli: (a) uji ahli isi materi pembelajaran diperoleh skor 100% kualifikasi sangat baik, (b) uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 94,66% kualifikasi sangat baik, dan (c) uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 93,33% kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba produk: (a) uji coba perorangan diperoleh skor 94,28% kualifikasi sangat baik, dan (b) uji coba kelompok kecil diperoleh skor 92,85% kualifikasi sangat baik; (3) Efektivitas penerapan multimedia pembelajaran interaktif dilihat dari perbedaan hasil belajar dengan rata-rata pre-test 55,83 dan post-test 89,17. Hasil perhitungan uji-t berdasarkan taraf signifikansi 5% maka hasil yang diperoleh yaitu sig(0,000)<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pre-test dan post-test menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan kontekstual dinyatakan valid dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 4 Banyuasri. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia, Kontekstual, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | SYIFA'UL FAUZIYAH |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 01:44 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 01:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21457 |
Actions (login required)
View Item |