Mariani, I Gusti Ayu Nyoman (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI KELAS XI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051025-COVER.pdf Download (397kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051025-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051025-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan secara terbatas media pembelajaran e-learning berbasis Schoology dan Blended Learning pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di kelas XI SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja pada 35 orang peserta didik dan seorang guru yang mengajar mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan 8 instrumen yaitu lembar validasi ahli, angket uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan serta angket respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian untuk uji kevalidan media pembelajaran e-learning dari hasil perhitungan validasi ahli yaitu ahli isi, desain dan media pembelajaran mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk memperoleh keefektifan media pembelajaran e-learning yaitu 0,87 dengan kriteria efektif serta hasil rata-rata respons guru dan peserta didik untuk mendapatkan kepraktisan media pembelajaran e-learning sebesar 48 dan 63,26 degan kriteria sangat praktis. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran e-learning Administrasi Sistem Jaringan telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan (sangat valid), keefektifan (efektif), dan kepraktisan (sangat praktis).. Kata kunci: Media E-Learning, Blended Learning, Administrasi Sistem Jaringan, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media E-Learning, Blended Learning, Administrasi Sistem Jaringan, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Nyoman Mariani |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 06:55 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2152 |
Actions (login required)
View Item |