PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI KELAS XI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Mariani, I Gusti Ayu Nyoman (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI KELAS XI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051025-COVER.pdf

Download (397kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051025-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051025-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan secara terbatas media pembelajaran e-learning berbasis Schoology dan Blended Learning pada mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di kelas XI SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja pada 35 orang peserta didik dan seorang guru yang mengajar mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan 8 instrumen yaitu lembar validasi ahli, angket uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan serta angket respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian untuk uji kevalidan media pembelajaran e-learning dari hasil perhitungan validasi ahli yaitu ahli isi, desain dan media pembelajaran mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk memperoleh keefektifan media pembelajaran e-learning yaitu 0,87 dengan kriteria efektif serta hasil rata-rata respons guru dan peserta didik untuk mendapatkan kepraktisan media pembelajaran e-learning sebesar 48 dan 63,26 degan kriteria sangat praktis. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran e-learning Administrasi Sistem Jaringan telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan (sangat valid), keefektifan (efektif), dan kepraktisan (sangat praktis).. Kata kunci: Media E-Learning, Blended Learning, Administrasi Sistem Jaringan, ADDIE.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media E-Learning, Blended Learning, Administrasi Sistem Jaringan, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Nyoman Mariani
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:55
Last Modified: 23 Jul 2020 06:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2152

Actions (login required)

View Item View Item