PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Sundhari, Ketut Inda (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051008-COVER.pdf

Download (924kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051008-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (594kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1615051008-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16165051008-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan secara terbatas media pembelajaran e-learning berbasis schoology dan experiential learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas X TKJ dengan jumlah 32 peserta didik dan seorang guru pengampu mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 8 instrumen angket yaitu validasi uji ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, uji respons guru dan uji respons peserta didik. Hasil penelitian untuk validitas ahli isi, desain, dan media memperoleh rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil efektivitas media pembelajaran e-learning dengan pemberian pretest dan posttest memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,82 dengan kriteria sangat efektif. Hasil respons guru terhadap penggunaan media pembelajaran e-learning didapatkan rata-rata skor respons sebesar 48 dan hasil respons peserta didik didapatkan rata-rata skor respons sebesar 69,19, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respons maka termasuk pada kriteria kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan media e-learning komputer dan jaringan dasar telah memenuhi kualitas produk yaitu kevalidan (sangat valid), keefektifan (sangat efektif), dan kepraktisan (sangat praktis). Kata Kunci: Media Pembelajaran E-Learning, Experiential Learning, Komputer dan Jaringan Dasar, ADDIE.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran E-Learning, Experiential Learning, Komputer dan Jaringan Dasar, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ketut Inda Sundhari
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:58
Last Modified: 23 Jul 2020 06:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item