PERANAN PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BUSUNGBIU

Astuti, Desak Made Dwi Widia (2024) PERANAN PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BUSUNGBIU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1917011063-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1917011063-ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1917011063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (584kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1917011063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1917011063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1917011063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1917011063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1917011063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1917011063-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penggunaan gadget mempengaruhi hasil belajar siswa dan bagaimana motivasi belajar berperan dalam proses tersebut.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer dikumpulkan dari siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Busungbiu, sedangkan data sekunder melibatkan teori dan literatur terkait penggunaan gadget, motivasi belajar, dan hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar siswa. Gadget yang digunakan secara bijaksana untuk tujuan pendidikan dapat meningkatkan hasil belajar, sementara penggunaan yang berlebihan untuk hiburan dapat mengganggu fokus belajar. Motivasi belajar juga terbukti berpengaruh besar terhadap hasil belajar; siswa dengan motivasi yang tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik. Selain itu, hubungan antara penggunaan gadget dan motivasi belajar menunjukkan bahwa keduanya saling mempengaruhi hasil belajar secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Siswa SMA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Desak Made Dwi Widia Astuti
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:15
Last Modified: 30 Jul 2024 05:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item