DEVELOPING A HYBRID THEMATIC BILINGUAL DICTIONARY OF CRUISE LINE JARGONS FOR TOURISM SCHOOL STUDENTS

Yani, Kadek Nila Hendra (2024) DEVELOPING A HYBRID THEMATIC BILINGUAL DICTIONARY OF CRUISE LINE JARGONS FOR TOURISM SCHOOL STUDENTS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229081022-COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229081022-ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229081022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229081022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229081022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229081022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229081022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229081022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229081022-LAMPIRAN.pdf

Download (493kB)

Abstract

Industri kapal pesiar mewakili sektor penting dalam pariwisata dan perhotelan, menawarkan prospek kerja yang melimpah bagi lulusan sekolah pariwisata. Namun, memahami jargon khusus untuk perusahaan pelayaran sangat penting bagi siswa yang ingin bekerja di bidang ini. Kamus bilingual yang ada sering kali gagal dalam mencakup secara memadai berbagai terminologi industri pelayaran, sehingga siswa tidak memiliki sumber daya linguistik yang diperlukan untuk unggul. Untuk mengatasi kesenjangan ini, penelitian ini berupaya mengembangkan kamus bilingual tematik hybrid yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa sekolah pariwisata, memfasilitasi pemahaman mereka tentang jargon kapal pesiar. Penelitian ini mengikuti pendekatan ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, dengan fokus pada dua pusat pelatihan pariwisata swasta, SLC College dan LKP Taruna Samudra. Pengambilan sampel secara purposif dilakukan untuk memilih institusi-institusi tersebut, sehingga menjamin kemudahan akses dan pengumpulan data. Melalui wawancara, penilaian ahli, dan kuesioner, data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Temuan mengungkapkan perlunya 397 jargon pelayaran yang berkaitan dengan makanan dan minuman, tata graha, dan departemen bar, yang menggarisbawahi pentingnya pengembangan kamus. Desain kamus hibrid menggabungkan elemen-elemen kunci seperti definisi bilingual, contoh kalimat, rekaman audio untuk pengucapan, representasi visual, dan aksesibilitas ponsel cerdas, dengan mengikuti standar format tradisional. Proses pengembangan kamus melibatkan perencanaan yang cermat, pembuatan konten, dan validasi, sehingga menghasilkan produk berkualitas tinggi. Persepsi siswa menunjukkan kemanjuran dan kegunaan kamus, menyoroti potensinya untuk meningkatkan pengalaman belajar dan kemahiran bahasa di kalangan calon profesional industri pelayaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kamus bilingual, jargon pelayaran, kamus tematik, siswa sekolah pariwisata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Kadek Nila Hendra Yani
Date Deposited: 01 Aug 2024 00:51
Last Modified: 01 Aug 2024 00:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item