Putra, I Gede Mertha Aris Dana (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMA Negeri 1 Kerambitan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (ABSTRAK)
1915051010-COVER.pdf Download (719kB) |
|
Text (COVER)
1915051010-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051010-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan dan mengevaluasi respon dari guru serta siswa terhadap media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Kewirausahaan dengan fokus pada materi pengolahan bahan makanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam proses pengembangannya. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 25 siswa dan seorang guru yang mengajar mata pelajaran Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Kerambitan. Data dikumpulkan melalui beberapa metode, termasuk lembar validasi ahli, angket untuk uji coba individu, uji coba dalam kelompok kecil, uji lapangan, serta penilaian efektivitas. Selain itu, angket juga digunakan untuk mengumpulkan respons dari guru dan siswa. Hasil evaluasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan skor masing-masing sebesar 1,00, yang dinilai dengan kriteria "Sangat Tinggi". Dalam uji coba perorangan, skor yang diperoleh mencapai 93,68%, dengan kualifikasi "Sangat Baik". Untuk uji coba kelompok kecil, presentase skornya adalah 92,89%, juga dengan kualifikasi "Sangat Baik". Sementara itu, uji lapangan menunjukkan presentase skor 93,98% dengan kualifikasi yang sama, yaitu "Sangat Baik". Evaluasi efektivitas, yang dilakukan melalui pretest dan posttest, menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,73, yang menunjukkan kriteria "Tinggi". Respon dari guru rata-ratanya adalah 49, yang termasuk dalam kategori "Sangat Positif", sedangkan respon siswa memperoleh skor rata-rata 69,24, yang juga termasuk dalam kategori "Sangat Positif". Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI SMA Negeri 1 Kerambitan telah menunjukkan kualitas produk yang sangat valid, sangat baik, dan sangat efektif dalam pelaksanaannya selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Kewirausahaan, Pengolahan Bahan Makanan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Gede Mertha Aris Dana Putra |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:57 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21691 |
Actions (login required)
View Item |