PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY UNTUK MATERI TINDAKAN PEMBEDAHAN MINOR PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN DIAGNOSTIK DAN TERAPEUTIK (STUDI KASUS PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNDIKSHA)

SURYANTO, ARIF (2024) PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY UNTUK MATERI TINDAKAN PEMBEDAHAN MINOR PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN DIAGNOSTIK DAN TERAPEUTIK (STUDI KASUS PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNDIKSHA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051042-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051042-ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1815051042-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1815051042-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1815051042-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051042-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1815051042-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051042-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak— Pembedahan minor, bagian dari tindakan medis darurat, memerlukan keterampilan praktis dan pengetahuan teori. Meskipun menguntungkan, seperti pengenalan antara dokter dan pasien, penghematan waktu dan anggaran, serta kontinuitas perawatan, pembedahan minor juga menghadapi tantangan, termasuk kurangnya pelatihan dan perlengkapan memadai serta risiko patologis. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini mengembangkan aplikasi Virtual Reality (VR) menggunakan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk simulasi pembedahan minor. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity Engine, Blender, dan Package Oculus Integration, bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis mahasiswa kedokteran di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Tahapan pengembangan mencakup pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji Blackbox, ahli media, dan isi memberikan hasil sangat baik, sementara pengujian lapangan dengan instrumen UEQ menunjukkan nilai rata-rata "excellent" dalam daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa VR efektif dalam menciptakan simulasi realistis, mempersiapkan mahasiswa menghadapi situasi nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembedahan minor, Virtual Reality, MDLC, simulasi medis, pendidikan kedokteran.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Arif Suryanto
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:23
Last Modified: 02 Aug 2024 02:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21760

Actions (login required)

View Item View Item