Analisis Miskonsepsi dan Faktor Penyebabnya pada Materi Termokimia di SMA Negeri 2 Kuta Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Enam Tingkat Berbantuan Google Form

Putri, Amalia Annisa (2024) Analisis Miskonsepsi dan Faktor Penyebabnya pada Materi Termokimia di SMA Negeri 2 Kuta Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Enam Tingkat Berbantuan Google Form. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013031002-COVER.pdf

Download (573kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013031002-ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013031002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013031002-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan konsep-konsep materi termokimia yang mengalami miskonsepsi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Kuta dan profil miskonsepsi serta faktor penyebabnya. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah teknik cluster sampling dan purposive sampling. Subjek penelitian adalah seorang guru kimia kelas XI, 65 siswa kelas XI, buku paket kimia kelas XI, LKPD, video youtube termokimia, dan laman internet yang dikunjungi siswa. Objek penelitian adalah miskonsepsi siswa pada materi termokimia beserta faktor penyebabnya. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan cara mengumpulkan data-data berupa nilai dan pernyataan kemudian diolah dan dianalisis untuk menggambarkan miskonsepsi siswa dan faktor penyebabnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada semua konsep materi termokimia, terdiri atas konsep sistem dan lingkungan, konsep reaksi eksoterm dan reaksi endoterm, konsep persamaan termokimia, konsep diagram tingkat energi, konsep jenis-jenis perubahan entalpi reaksi standar, dan konsep penentuan perubahan entalpi reaksi dengan persentase yang berbeda-beda. Persentase miskonsepsi tertinggi yaitu konsep jenis perubahan entalpi reaksi standar sebesar 42,05% sedangkan persentase miskonsepsi terendah yaitu konsep diagram tingkat energi sebesar 24,62% dengan rata-rata persentase sebesar 33,27% yang termasuk kategori sedang. Faktor penyebab miskonsepsi siswa bersumber dari siswa sebesar 84,41%, buku paket kimia sebesar 21,38%, guru sebesar 13,85%, internet sebesar 9,64%, dan teman sejawat sebesar 5,03%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: google form, miskonsepsi, termokimia, tes diagnostik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Amalia Annisa Putri
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:46
Last Modified: 05 Aug 2024 00:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item