Br Sinaga, Hotnauli Anna (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FASE E DI SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013041019_COVER.pdf Download (397kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013041019_ ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041019_ BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013041019_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013041019_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041019_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041019_ BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041019 _DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013041019_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk membuat rancang bangun, mengetahui validitas dan mengetahui kepraktisan E-LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Tahap implementasi tidak dilakukan dan evaluasi dilakukan dengan evaluasi formatif yaitu pengumpulan data dari setiap tahapan pengembangan karena keterbatasan penelitian. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Sukasada. Uji validitas menggunakan perhitungan skala likert yaitu 2 ahli materi dan 2 ahli media. Dari kedua ahli tersebut diperoleh nilai tingkat validitas ahli media sebesar 91,6%, sehingga dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan dilakukan oleh 3 peserta didik uji coba perorangan dan 12 peserta didik uji coba kelompok kecil dengan kemampuan kognitif yang berbeda. Dari hasil uji perorangan diperoleh hasil sebesar 90,4%, sedangkan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 90,1%. Berdasarkan hasil tingkat kepraktisan tersebut diperoleh rerata sebesar 90,25% (kategori sangat praktis). Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai bahan ajar fase E di SMA Negeri 1 Sukasada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan E-LKPD, PBL, Perubahan Lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | HOTNAULIANNA BR SINAGA |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 11:45 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 11:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21987 |
Actions (login required)
View Item |