Indana, Nurul (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAMUKA PRASIAGA UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GEROKGAK TAHUN PELAJARAN 2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061003-COVER.pdf Download (830kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061003-ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061003-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kemampuan Profil Pelajar Pancasila berarti kemampuan untuk menjadi pelajar yang memiliki jati diri Indonesia yang kuat, peduli dan cinta tanah air namun juga memiliki kemampuan dan kepercayaan diri untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam mengatasi permasalahan global. Untuk memenuhi pembelajaran yang baik hendaknya melibatkan hal-hal yang menarik dan menyenangkan seperti penyediaan media pembelajaran yang menyenangkan anak usia dini sehingga akan lebih mudah memahami pembelajaran yang disampaikan pendidik. Melihat hal tersebut, maka dikembangkannya Video Pembelajaran Pramuka Prasiaga untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Gerokgak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B, dengan objek penelitian yaitu kemampuan meningkatkan Profil Pelajar Pancasila anak usia dini. Metode pengumpulan data dengan pedoman wawancara, observasi dan kuesioner. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adlaah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan desain uji coba One Group Pretest-Posttest, dapat diketahui bahwa media video pembelajaran pramuka prasiaga layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan Profil Pelajar Pancasila anak kelompok B Taman Kanak-kanak di kecamatan Gerokgak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Pramuka Prasiaga, Profil Pelajar Pancasila anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Nurul Indana |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:44 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 04:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21997 |
Actions (login required)
View Item |