PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA KELAS VII

JONATHAN, JONATHAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011075-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011075-ABSTRAK.pdf

Download (612kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011075-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011075-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (839kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011075-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari media pembelajaran interaktif yang diberi nama “Manjur” dengan berbantuan articulate storyline pada materi menggunakan data kelas VII Penelitian ini menggunakan metode (R&D) research and development dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengembangan media pembelajaran interaktif ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development) dengan mengukur kevalidan dan kepraktisan dari media yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini mendapatkan nilai kevalidan dari ahli media sebesar 4,375 dengan kriteria "Sangat Tinggi" dan nilai kevalidan dari ahli materi sebesar 4,69 dengan kriteria "Sangat Tinggi". Pada pengukuran kepraktisan media menggunakan angket UEQ (User Experince Questionnaire) dan mendapatkan nilai rata-rata pada setiap aspek, seperti daya tarik 2.44, kejelasan 2.34, efisiensi 2.36, ketepatan 2.44, stimulasi 2.50, dan kebaruan 2.26. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari pengukuran kevalidan, maka media pembelajaran interaktif “Manjur” dikatakan layak digunakan atau valid. Berdasarkan pengukuran kepraktisan menggunakan angket UEQ, dapat dikatakan media pembelajaran interaktif “Manjur” praktis untuk digunakan dalam pembelajaran menggunakan data dan siap untuk dilakukan ketahap selanjutnya. Media pembelajaran interaktif “Manjur” yang telah memenuhi kriteria valid dan praktis memiliki karakteristik yang terdiri dari penyajian materi dalam bentuk teks dan video, terdapat kuis sebagai pengukuran awal peserta didik, terdapat soal evaluasi yang berguna sebagai pengukuran akhir peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, dan terdapat simulasi yang dimana dapat digunakan peserta didik mengeksplorasi pengetahuan yang sudah mereka dapat setelah mempelajari materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Interaktif, Manjur, Articulate Storyline.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Jonathan
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:50
Last Modified: 19 Aug 2024 05:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22003

Actions (login required)

View Item View Item