Rivan Arya Jaya, Ketut (2024) THE IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING IN TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS IN GRADES 1A AND 1B AT GENTA SARASWATI BILINGUAL & MONTESSORI SCHOOL BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021116-COVER.pdf Download (572kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021116-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021116-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021116-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021116-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021116-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021116-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021116-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021116-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penerapan kurikulum Merdeka saat ini menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran yang bermakna, seperti Project Based Learning, agar siswa dapat berkembang secara mandiri dan kreatif. Penelitian sebelumnya menunjukkan masih minimnya penerapan PjBL di kelas Bahasa Inggris pada sekolah dasar negeri di Bali. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana prosedur penerapan Project Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada pembelajar muda, mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Project Based Learning, dan strategi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan dalam pengumpulan data, peneliti melakukan observasi dengan menggunakan lembar observasi dan dilanjutkan dengan wawancara dengan guru Bahasa Inggris kelas 1A dan 1B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris di kedua kelas mampu menerapkan PjBL dengan menggunakan enam sintaksis. Selama penerapan PjBL dalam pembelajaran Bahasa Inggris, kedua guru mengalami kendala yang sama, yaitu mengatur fokus dan perhatian siswa agar tetap berkonsentrasi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi kendala yang dialami kedua guru tersebut, mereka menggunakan beberapa strategi, seperti menciptakan jargon yang dapat menarik perhatian siswa agar kembali fokus dalam pembelajaran. Selain itu, guru pada kedua kelas tersebut juga lebih sering memberikan proyek untuk dikerjakan secara individu dan jarang menggunakan kelompok sehingga hasil proyek yang dibuat oleh siswa lebih optimal. Kata Kunci: Implementasi PjBL, Tantangan, Strategi, TEYL
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Implementasi PjBL, Tantangan, Strategi, TEYL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ketut Rivan Arya Jaya |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:46 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22047 |
Actions (login required)
View Item |