Gunawan Landra, I Komang (2024) KOMPARASI PENGARUH KONSELING KOGNITIF BEHAVIORISTIK TERHADAP PENURUNAN DERAJAT KECEMASAN DAN DERAJAT DEPRESI DENGAN KOVARIABEL EFIKASI DIRI SISWA SMA DI KOTA SINGARAJA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1839011013-COVER.pdf Download (355kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1839011013-ABSTRAK.pdf Download (20kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1839011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1839011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1839011013-LAMPIRAN.pdf Download (365kB) |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh konseling kognitif behavioristik terhadap penurunan derajat kecemasan dan depresi pada siswa SMA di Kota Singaraja dengan efikasi diri sebagai kovariabel. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri di Kota Singaraja yang mengalami gangguan kecemasan dan depresi. Sampel dipilih menggunakan metode purposif yaitu memilih siswa yang teridentifikasi cemas dan atau depresi dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 29 siswa. Penelitian menggunakan desain eksperimen dan data penelitian dianalisis menggunakan Uji t sampel berkorelasi, ANCOVA, MANOVA, dan MANCOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara signifikan 1) terdapat perbedaan tingkat/derajat kecemasan pada kelompok siswa yang teridentifikasi cemas antara sebelum dan setelah diberikan konseling behavioristik, 2) terdapat perbedaan derajat depresi pada kelompok siswa antara sebelum dan sesudah diberikan konseling kognitif behavioristik, 3) terdapat perbedaan derajat kecemasan pada kelompok siswa antara sebelum dan sesudah diberikan konseling kognitif behavioristik setelah mempertimbangkan efikasi diri sebagai kovariabel, 4) terdapat perbedaan derajat depresi pada kelompok siswa antara sebelum dan sesudah diberikan konseling kognitif behavioristik setelah mempertimbangkan efikasi diri sebagai kovariabel, 5) terdapat perbedaan derajat kecemasan dan derajat depresi secara multivariat pada kelompok siswa antara sebelum dan sesudah diberikan konseling kognitif behavioristik, 6) Terdapat perbedaan derajat kecemasan dan derajat depresi secara multivariat pada kelompok siswa antara sebelum dan sesudah diberikan konseling kognitif behavioristik setelah mempertimbangkan efikasi diri sebagai kovaiabel. Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya lebih diprioritaskan pada siswa yang mengalami kecemasan dan depresi secara bersamaan Kata kunci : konseling kognitif behavioristik, kecemasan, depresi, efikasi diri
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling kognitif behavioristik, kecemasan, depresi, efikasi diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Dr. I Komang Gunawan L, Spkj |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:00 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22119 |
Actions (login required)
View Item |