Meiza Putra, Pande Made (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MICROLEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 4 BANYUASRI BULELENG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidkan Ganesha.
Text (COVER)
2011021026-COVER.pdf Download (518kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021026_ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021026-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan video pembelajaraan berbasis microlearning pada muatan pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 4 Banyuasri Buleleng tahun pelajaran 2023/2024 mempunyai tujuan antara lain, (1). Untuk mengetahui rancang bangun video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS kelas IV di SDN 4 Banyuasri Buleleng tahun pelajaran 2023/2024. (2). Untuk mengetahui validitas video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS kelas IV di SDN 4 Banyuasri Buleleng tahun pelajaran 2023/2024. (3). Untuk mengetahui respon pengguna video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS kelas IV di SDN 4 Banyuasri Buleleng tahun pelajaran 2023/2024,.(4). Untuk mengetahui efektivitas video pembelajaran berbasis microlearning pada muatan IPAS kelas IV di SDN 4 Banyuasri Buleleng tahun pelajaran 2023/2024. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE, dalam model ini terdapat 5 langkah/tahapan yang meliputi analysis, design, development, implementation, evaluation. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuisioner dan tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan hasilkan (1.) Perancangan dan evaluasi produk sampai akhir, (2.) Validitas menurut ahli isi pembelajaran diketahui berada pada kualifiasi baik yaitu 87%, hasil review ahli media pembelajaran diketahui berada pada kualifiasi sangat baik yaitu 94%, hasil review ahli desain pembelajaran diketahui bahwa video pembelajaran berbasis microleaning berada pada kualifiasi sangat baik yaitu 96%. (3) Mengetahui respon pengguna berdasarkan uji coba 95% dengan kulaifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil 94,16% dengan kulaifikasi sangat baik.(4.) Hasil analisis data menunjukkan bahwa rerata pretest 71 dan post-test 87. Rerata skor tersebut diuji lagi menggunakan uji-t sehingga diperoleh nilai sig, 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mata pelajaran IPAS antara sebelum dan setelah diterapkan media video pembelajaran berbasis microlearning. Media video pembelajaran berbasis microlearning juga dikatakan efektif karena rerata skor siswa setelah penggunaan media adalah 87 lebih tinggi dari KTP yang ditetapkan yaitu 75
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Microlearning, ADDIE, Ilmu Pengetahauan Alam dan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Pande Made Meiza Putra |
Date Deposited: | 26 Oct 2024 07:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2024 07:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22215 |
Actions (login required)
View Item |