Ariani, Syebi Ertha (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PANCASILA KELAS IV SDN 2 BANJAR TEGAL SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021021-COVER.pdf Download (877kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021021-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021021-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (964kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021021-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena pemanfaatan media digital yang belum diterapkan secara maksimal sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif pada muatan Pancasila kelas IV SDN 2 Banjar Tegal. (2). Mendeskripsikan validitas uji ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil pada produk multimedia interaktif pada muatan Pancasila kelas IV SDN 2 Banjar Tegal, serta (3). Mendeskripsikan efektivitas multimedia interaktif pada muatan Pancasila kelas IV SDN 2 Banjar Tegal setelah digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini tergolong jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 3 ahli dan siswa kelas 4 SDN 2 Banjar Tegal. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, angket dan tes objektif tipe pilihan ganda. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika infrensial (uji-t). Hasil Penelitian menunjukkan validasi dengan hasil review ahli mata pelajaran dengan kualifikasi sangat baik 95,5 %), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (88,75%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (92,44%), hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (94,81%). Hasil efektivitas menunjukan terdapat perbedaan perolehan hasil belajar siswa setelah menerapkan multimedia interaktif berbasis problem based learning pada muatan pancasila. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis problem based learning layak dan efektif diterapkan pada muatan pancasila kelas IV SDN 2 Banjar Tegal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Problem Based Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | SYEBI ERTHA ARIANI |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:01 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22277 |
Actions (login required)
View Item |