Bukian, I Kadek Chrisna Bimantara Jelantik (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Untuk Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051007_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051007_ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051007_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA & LANDASAN TEORI)
1915051007_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA & LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1915051007_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL & PEMBAHASAN)
1915051007_BAB 4 HASIL & PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051007_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1915051007_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051007_LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui respon peserta didik mengenai kelayakan dan kesesuaian media pembelajaran Virtual Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Untuk Kelas X Multimedia di Smk Negeri 1 Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan adalah model yang dikembangkan sekaligus dinamakan oleh Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan (Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary From of Product, Preliminary Field Testing, Preliminary Field Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Implementation). Lalu disederhanakan menjadi 7 tahapan (Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary From of Product, Preliminary Field Testing, Preliminary Field Revision, Operational Field Testing, Implementation).Penelitian dilakukan dengan menggunakan 32 peserta didik kelas X Multimedia sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket validasi ahli dan angket uji respon peserta didik. Hasil dari perhitungan ahli isi/materi dan media mendaptkan skor masing – masing 40 dengan persentase 100% sehingga dinyatakan “Sangat Layak” dari segi isi dan juga desain media. Sedangkan dalam pengujian respon peserta didik pada uji coba produk mendapatkan total skor 1.976 dengan persentase 88% sehingga dinyatakan “Sangat Layak” untuk diimplementasikan dan mengatasi permasalahan peserta didik. Dari data pengujian tersebut, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Untuk Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Denpasar Sangat Layak untuk mengatasi permasalahan rasa jenuh serta bosan yang dialami peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran terutama pada pembelajaran Dasar Desain Grafis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality, Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Kadek Chrisna Bimantara Jelantik Bukian |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 00:06 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 00:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22311 |
Actions (login required)
View Item |