Nugraha, A.A Reksi Jaya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUTENTIK PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KTIRIS SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2013011055-COVER .pdf Download (861kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011055-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2013011055-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011055-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Salah satu hal yang sangat perlu dilaksanakan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan suatu permasalahan matematika. Akan tetapi saat terjun langsung ke sekolah, kemampuan tersebut masih dalam kategori yang rendah. Hal ini bisa disebabkan oleh minimnya keragaman masalah matematika. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menjalani proses pembelajaran mempergunakan model pembelajaran autentik problem based learning dan yang menjalani proses pembelajaran mempergunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini termasuk jenis kuasi eksperimen berdesain post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini ialah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja dengan jumlah 418 orang. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah soal uraian sebanyak 5 butir soal dengan indeks reliabilitas 0,88. Dari hasil analisis deskriptif, nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen ialah 70,64 dengan standar deviasinya 18,49 dan kelompok kontrol 59,64 dengan standar deviasinya 15,90. Maka kelompok eksperimen lebih unggul kemampuan berpikir kritisnya. Berlandaskan pada uji T, untuk hipotesis didapat nilai signifikansi 0,007. Hasil penelitian ini menemukan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menjalani proses pembelajaran mempergunakan model pembelajaran autentik problem based learning dengan siswa yang menjalani proses pembelajaran mempergunakan pendekatan konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran problem based learning, masalah autentik, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | A A Reksi Jaya Nugraha |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:10 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22324 |
Actions (login required)
View Item |