PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N 4 BANYUASRI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

GINTING, DEZAN PRATAMA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N 4 BANYUASRI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidkan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011021006-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011021006-ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011021006-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan E-Modul berbasis Project based learning, (2) mendeskripsikan validitas E-Modul berbasis Project based learning (3) mengetahui efektivitas media E-Modul berbasis Project based learning pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 4 Banyuasri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses rancang bangun pengembangan E-Modul berbasis Project based learning ini dikembangkan melalui tahap model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, (2) E-Modul berbasis Project based learning dinyatakan valid dengan hasil review uji ahli isi pembelajaran diperoleh skor sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran diperoleh skor sebesar 92,8% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 96% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 97,2% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan memperoleh skor 95,34% dengan kualifikasi sangat baik, (3) efektivitas E-Modul berbasis Project based learning yang dilihat dari uji-t dengan perolehan hasil t-hitung sebesar 14,976 dan t-tabel 2,003 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul berbasis Project based learning. Diketahui rata-rata post-test sebesar 80,16 yang berada diatas KKM. Maka dapat dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Project based learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi Indonesia Kaya Budaya kelas IV di SD Negeri 4 Banyuasri. Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, Project Based Learning, ADDIE, IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, Project Based Learning, ADDIE, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Dezan Pratama Ginting
Date Deposited: 06 Nov 2024 08:21
Last Modified: 06 Nov 2024 08:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22344

Actions (login required)

View Item View Item