Ibrena. S, Maria (2024) Pengembangan Tes Berpikir Komputasi Siswa SMP Pada Materi Aljabar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2013011019_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011019_ABSTRAK.pdf Download (825kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2013011019_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2013011019_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2013011019_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011019_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2013011019_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011019_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (972kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011019_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes berpikir komputasi untuk siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini seluruhnya dilaksankan di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2024/2025 melibatkan satu kelas dengan responden sebanyak 30 siswa kelas VII. Tes yang dikembangkan pada penelitian ini berupa enam butir soal esai terkait materi aljabar yang berfokus pada empat aspek berpikir komputasi yaitu dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan berpikir algoritma. Pada tahap uji validitas ahli menunjukkan instrumen tes sangat layak, dengan koefisien validitas isi sebesar 1,0. Dari hasil uji coba diperoleh uji validitas butir tes menunjukkan semua soal valid dengan nilai korelasi antara 0,509 hingga 0,736, melampaui nilai r-tabel sebesar 0,361 pada taraf signifikansi 5%. Tes juga memiliki reliabilitas tinggi dengan koefisien 0,637. Uji tingkat kesukaran menunjukkan keseluruhan soal berada pada kategori sedang dengan kisaran nilai 0,49 hingga 0,57 dan indeks daya pembeda menunjukkan 2 soal dalam kategori baik dengan nilai daya beda yaitu 0,42 dan 0,57 serta 4 soal kategori cukup dengan nilai daya beda kisaran 0,27 hingga 0,33. Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa tes berpikir komputasi yang dikembangkan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tes, Berpikir Komputasi, Metode R&D Tipe ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Maria Ibrena S |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:16 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22417 |
Actions (login required)
View Item |