BANUAREA, EVELYN SASTIKA (2024) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS KELAS XI DI SMAN 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
2013011046-COVER.pdf Download (655kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011046-ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2013011046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2013011046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2013011046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2013011046-BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011046-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan open-ended berbasis etnomatematika mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI di SMAN 1 Seririt. Penelitian ini menggunakan desain posttest-only control group. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa XI SMAN 1 Seririt yang terbagi dalam 7 kelas dengan total 246 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, yang menghasilkan kelas XI 7 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan pendekatan open-ended berbasis etnomatematika dan kelas XI 6 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan kolaboratif. Instrumen yang digunakan adalah soal esai untuk menilai kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai , yang menunjukan bahwa . Oleh karena itu, ditolak dan diterima. Ini menunjukan bahwa pendekatan open-ended berbasis etnomatematika memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, khususnya dalam materi lingkaran. Temuan ini mengindikasi bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan open-ended berbasis etnomatematika lebih tinggi di bandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan open-ended, etnomatematika, berpikir kritis matematis |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | EVELYN SASTIKA BANUAREA |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 08:33 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 08:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22510 |
Available Versions of this Item
- PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS KELAS XI DI SMAN 1 SERIRIT. (deposited 03 Dec 2024 08:33) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |