Sarya, I Gede (2024) PENGARUH ASESMEN DIRI BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KETAHANMALANGAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGONTROL EFIKASI DIRI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1939011033-COVER)
1939011033-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (1939011033-ABSTRAK)
1939011033-Abstrak.pdf Download (30kB) |
|
Text (1939011033-BAB 1 PENDAHULUAN)
1939011033-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (483kB) |
|
Text (1939011033-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939011033-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (1939011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939011033-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (961kB) | Request a copy |
|
Text (1939011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011033-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (1939011033-BAB 5 PENUTUP)
1939011033-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (1939011033-DAFTAR PUSTAKA)
1939011033-Daftar Pustaka.pdf Download (317kB) |
|
Text (1939011033-LAMPIRAN)
1939011033-Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh asesmen diri bermuatan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPA terhadap ketahanmalangan dan keterampilan berpikir kritis dengan mengontrol efikasi diri. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan eksperimen semu pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem dengan menggunakan rancangan single factor independent group design with use of covariate. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 306 orang siswa SMP kelas VII yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah kuesioner ketahanmalangan, tes keterampilan berpikir kritis, dan kuesioner efikasi diri. Data penelitian diolah dengan analisis kovarians multivariat dengan bantuan program SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan ketahanmalangan dan keterampilan berpikir kritis secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan asesmen diri bermuatan profil pelajar Pancasila dengan siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan asesmen diri yang biasa dilakukan di sekolah sebelum dan setelah mengontrol efikasi diri, (2) ketahanmalangan siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan asesmen diri bermuatan profil pelajar Pancasila lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan asesmen diri yang biasa dilakukan di sekolah sebelum dan setelah mengontrol efikasi diri, (3) keterampilan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan asesmen diri bermuatan profil pelajar Pancasila lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan asesmen diri yang biasa dilakukan di sekolah sebelum dan setelah mengontrol efikasi diri. Berdasarkan temuan penelitian ini, guru disarankan menggunakan asesmen diri bermuatan profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan ketahanmalangan dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Diri, Profil Pelajar Pancasila, Ketahanmalangan, Keterampilan Berpikir Kritis, Efikasi Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I GEDE SARYA |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:48 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22525 |
Actions (login required)
View Item |