Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Liveworksheets terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Abang

Parwatha, Pande Made (2024) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Liveworksheets terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Abang. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229071019-COVER.pdf

Download (608kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229071019-ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229071019-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Parwatha, Pande Made. 2024. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Liveworksheets terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Abang.Tesis, Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Dr. I Komang Sudarma, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Wayan Sukra Warpala, S.Pd., M.Sc Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning Berbantuan Liveworksheets terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen di SMK Negeri 1 Abang tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X di SMK Negeri 1 Abang yang berjumlah 11 kelas. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil random diperoleh kelas X AKL 1 (25 orang) sebagai kelompok eksperimen dan kelas X AKL 2 (25 orang) sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Data kemampuan berpikir dan data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan statistik multivariat. Sebelum pengujian hipotesis penelitian terlebih dahulu dilakukan uji asumsi data yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji kolinearitas, dan uji homogenitas matriks varians kovarian. Setelah uji asumsi terpenuhi dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan statistik multivariat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan Model Project Based Learning Dan Direct Interaction Berbantuan liveworksheet. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik multivariat Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root pada model pembelajaran memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan Project Based Learning Dan Direct Interaction Berbantuan Liveworksheets. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelompok Project Based Learning berbantuan Liveworksheets (M=73,20; SD=4,84) lebih besar dari Direct Interaction Berbantuan Liveworksheets (M=69,92; SD=4,67); dan 3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan Project Based Learning Dan Direct Interaction Berbantuan liveworksheet. Rata-rata hasil belajar kelompok Project Based Learning berbantuan Liveworksheets (M=70,60; SD=4,81) lebih besar dari kelompok Direct Interaction Berbantuan Liveworksheets (M=68,84; SD=4,60). Kata Kunci: project based learning, direct interaction, liveworksheets, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: project based learning, direct interaction, liveworksheets, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar IPA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Pande Made Parwatha
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:09
Last Modified: 09 Dec 2024 08:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22539

Actions (login required)

View Item View Item