EXPLORING LANGUAGE CHOICE AND ATTITUDE IN ENGLISH CLASSROOM: A STUDY ON LANGUAGE AND SOCIAL IDENTITY IN SECONDARY LEVEL

Sari, Desak Putu Novia Puspita (2024) EXPLORING LANGUAGE CHOICE AND ATTITUDE IN ENGLISH CLASSROOM: A STUDY ON LANGUAGE AND SOCIAL IDENTITY IN SECONDARY LEVEL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229081003-COVER.pdf

Download (649kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229081003-ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229081003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229081003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229081003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229081003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229081003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229081003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229081003-LAMPIRAN.pdf

Download (718kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pilihan bahasa yang digunakan siswa saat berinteraksi dengan guru. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi pilihan bahasa siswa saat berinteraksi dengan teman sebaya di kelas bahasa Inggris. Selanjutnya, untuk menyelidiki pilihan bahasa siswa di luar kelas. Terakhir, untuk menyelidiki sikap bahasa siswa terhadap bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di SMP AMI Denpasar. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Partisipan penelitian terdiri dari 77 siswa. Data diperoleh melalui panduan wawancara, lembar kuesioner, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persentase tertinggi sebesar 71,4% siswa sebagian besar menggunakan campuran bahasa Indonesia-Inggris sebagai alat komunikasi saat mereka berinteraksi dengan guru selama kelas bahasa Inggris. 2) Sebanyak 46,8% siswa berbicara dengan campuran bahasa Indonesia-Inggris di dalam kelas. Selain itu, siswa yang masih kurang dalam penguasaan bahasa Inggris cenderung mencampur percakapan mereka dengan bahasa Indonesia untuk menghindari kesalahpahaman. 3) Pilihan bahasa tertinggi di luar kelas bahasa Inggris adalah bahasa Indonesia. Salah satu hasilnya menunjukkan 76,6% penggunaan bahasa Indonesia saat berbicara dengan guru di luar kelas bahasa Inggris. 4) Siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan bahasa Inggris-Indonesia. Hal ini mencerminkan bahwa siswa memiliki sikap positif terhadap bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Partisipan ingin menunjukkan sikap ini saat mengikuti kegiatan berbahasa Inggris. Kesimpulannya, pilihan bahasa siswa saat berkomunikasi dengan guru dan teman sebaya selama kelas bahasa Inggris sebagian besar adalah campuran bahasa Inggris-Indonesia. Selanjutnya, bahasa Indonesia merupakan bahasa umum yang digunakan oleh siswa di luar kelas bahasa Inggris. Selain itu, siswa memiliki sikap positif terhadap bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kata kunci: Pilihan bahasa, sikap bahasa, identitas sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pilihan bahasa, sikap bahasa, identitas sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: DESAK PUTU NOVIA PUSPITA SARI
Date Deposited: 16 Dec 2024 10:57
Last Modified: 16 Dec 2024 10:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22577

Actions (login required)

View Item View Item