Menyongsong Harmoni: Pergulatan Sejarah, Akulturasi, dan Potensi Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh Gianyar sebagai Sumber Belajar Sejarah SMA

Maharani, Putu Eka Audria (2024) Menyongsong Harmoni: Pergulatan Sejarah, Akulturasi, dan Potensi Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh Gianyar sebagai Sumber Belajar Sejarah SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014021004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014021004-ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014021004-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (453kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2014021004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
2014021004-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014021004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2014021004-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
2014021004-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana pergulatan sejarah dan interaksi peradaban antara etnis Tionghoa, agama Buddha, dan lokalitas yang termanifestasikan dalam artefact vihara. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah berdirinya Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh, mengidentifikasi bentuk akulturasi budaya yang terjadi di Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh, dan mengeksplorasi nilai-nilai Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh yang berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar sejarah di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah, yang meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh merupakan perwujudan dari integrasi dua tradisi pemujaan, yaitu Buddha dan Tionghoa. Vihara ini resmi berdiri pada tahun 1988, tetapi memiliki akar sejarah yang panjang sejak berdirinya sebuah bio (kelenteng) pada tahun 1800an. Transformasi rumah ibadah ini tidak terlepas dari dinamika kehidupan beragama komunitas Tionghoa di Desa Blahbatuh. Akulturasi budaya Cina, Buddha, dan Bali tercermin pada arsitektur, ritual upacara, sarana peribadatan, dan kesenian dalam vihara ini. Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh memiliki potensi sebagai sumber belajar sejarah. Aspek sejarah vihara relevan dengan materi pelajaran Sejarah pemerintahan Orde Baru. Selain itu, vihara ini menawarkan aspek pengembangan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: akulturasi, sumber belajar, Tionghoa, vihara
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Putu Eka Audria Maharani
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:01
Last Modified: 19 Dec 2024 06:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22578

Actions (login required)

View Item View Item