Pramesti, Ni Putu Diah Titania (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS III KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031198-COVER.pdf Download (694kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031198-ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031198-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031198-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031198-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031198-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031198-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031198-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031198-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus III Srikandi. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kediri sebanyak 243 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 8 sekolah. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol dengan undian. Oleh karena itu, didapatkan kelas V di SD Negeri 7 Banjar Anyar sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 33 orang dan pada kelas V di SD Negeri 5 Banjar Anyar sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia menggunakan instrumen tes objektif yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia kemudian dianalisis dengan uji-t independent. Hasil analisis data yaitu Thitung sebesar 6.138.. Adapun nilai Ttabel pada taraf signifikansi 5% pada uji satu arah dengan dk 62 adalah 1.99 sehingga perbandingan Thitung > Ttabel yaitu 6.138. > 1.99, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping. Jika dilihat dari nilai rata-rata post-test kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia kelompok eksperimen adalah 83 lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 60. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, mind mapping, kompetensi Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diah Titania Pramesti |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 08:46 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 08:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22594 |
Actions (login required)
View Item |