PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM INSTALASI TATA UDARA SISWA KELAS X1 TAV SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Agusta, I Kadek (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM INSTALASI TATA UDARA SISWA KELAS X1 TAV SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015071017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ASBTRAK)
2015071017-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015071017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015071017-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dampak penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa Sistem Instalasi Tata Udara di SMK Negeri 3 Singaraja. Permasalahan yang diidentifikasi adalah rendahnya hasil belajar dan keterlibatan siswa selama pembelajaran menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan melibatkan dua kelas: XI TAV-1 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model PjBL, dan XI TAV-2 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Total siswa yang terlibat adalah 58 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti model PjBL memiliki nilai rata-rata lebih tinggi (85,31) dibandingkan siswa dengan metode konvensional (79,49). Uji statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok, yang berarti model PjBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, PjBL juga terbukti meningkatkan keterampilan kolaborasi, pemecahan masalah, dan kreativitas siswa. Dengan demikian, penerapan model PjBL memberikan dampak positif terhadap hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran Sistem Instalasi Tata Udara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, hasil belajar, Sistem Instalasi Tata Udara, keterlibatan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I KADEK AGUSTA
Date Deposited: 20 Dec 2024 00:36
Last Modified: 20 Dec 2024 00:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22602

Actions (login required)

View Item View Item