Perangin-Angin, Cecillia Maristella Br (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011023-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011023-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (856kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011023-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan E-LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 228 siswa. Sampel penelitian terdiri atas siswa kelas VIII F dan VIII G yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 66 siswa. Uji kesetaraan kelas dilakukan berdasarkan nilai sumatif akhir semester genap. Instrumen penelitian berupa tes uraian terdiri dari lima soal yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan komunikasi matematis dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t_hitung=2,169 lebih besar dari t_tabel=1,997 sehingga H_0 ditolak. Hal ini berarti kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan E-LKPD lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan E-LKPD memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL (Problem Based Learning), E-LKPD, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Cecillia Maristella Br Perangin-Angin |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 23:46 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 23:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22675 |
Actions (login required)
View Item |