Andika, Putu (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA BASKET PESERTA DIDIK KELAS X2 SMA NEGERI 9 DENPASAR. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.
Text (COVER)
2016011040-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011040-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (PJOK) melalui materi bola basket pada peserta didik Kelas X2 SMA Negeri 9 Denpasar dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X2 SMA Negeri 9 Denpasar, sedangkan objek penelitian adalah materi bola basket shooting dan passing dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning. Data diambil dengan cara observasi tes terhadap gerakan teknik passing, teknik shooting, dengan format asessmen teknik passing, teknik shooting, pada aspek kognitif dan aspek psikomotor. Data dianalisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar (PJOK) melalui bola basket pada peserta didik Kelas X2 SMA Negeri 9 Denpasar Tahun Ajaran 2023/2024. Dapat dilihat pada siklus I dan siklus II persentase peningkatan hasil belajar PJOKnya menjadi cukup signifikan. Jadi hasil belajar PJOK siklus I jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 14 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 22 orang. Sedangkan di siklus II jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 33 orang dan 3 orang mendapat nila rata-rata atau cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Bola Basket , Hasil Belajar PJOK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Putu Andika Putra |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 05:58 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 05:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22714 |
Actions (login required)
View Item |