Sanda, Komang Krisna Baba (2025) THE EFFECT OF ‘ENGLISH FAIRY TALES YOUTUBE CHANNEL’ IN TEACHING NARRATIVE TEXT ON STUDENT READING COMPREHENSION OF 9TH GRADE STUDENT AT SMP NEGERI 4 NEGARA JEMBRANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021164-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021164-ABSTRAK.pdf Download (905kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021164-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021164-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021164-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021164-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021164-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021164-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021164-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Fenomena pembelajaran membaca secara konvensional seringkali kurang menarik bagi siswa dan mengakibatkan rendahnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media audio-visual dari kanal YouTube English Fairy Tales dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimen, yaitu one-group pre-test, dan post-test. Sampel penelitian ini adalah sekelompok siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman bacaan yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan dengan media audio visual. Tes tersebut terdiri dari 30 soal pilihan ganda yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 25 for Windows, dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengetahui kemampuan membaca dasar siswa, sedangkan analisis inferensial menggunakan T-test untuk membandingkan data sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual dari channel YouTube English Fairy Tales secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio-visual dapat menjadi alternatif yang efektif untuk metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam kegiatan membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dongeng Bahasa Inggris, Pemahaman Membaca, Teks Naratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Komang Krisna Baba Sanda Pande |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 00:07 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 00:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22778 |
Actions (login required)
View Item |