PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Ginastra, I Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011043-COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011043-ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011043-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain penelitian Post Test Only Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A2 hingga VII A11 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A7 dan VII A11 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika kepada siswa dengan bentuk tes uraian yang diberikan pada akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor kanan dengan taraf siginifikansi (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung=4.331603 > t_tabel=1.998341 sehingga H_0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL berbantuan Scaffolding lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POGIL berbantuan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran POGIL, Scaffolding, pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Made Ginastra
Date Deposited: 28 Jul 2020 16:14
Last Modified: 28 Jul 2020 16:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item