Ginastra, I Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011043-COVER.pdf Download (960kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011043-ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011043-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain penelitian Post Test Only Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A2 hingga VII A11 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A7 dan VII A11 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika kepada siswa dengan bentuk tes uraian yang diberikan pada akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor kanan dengan taraf siginifikansi (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung=4.331603 > t_tabel=1.998341 sehingga H_0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL berbantuan Scaffolding lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POGIL berbantuan Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran POGIL, Scaffolding, pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Made Ginastra |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 16:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 16:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2279 |
Actions (login required)
View Item |