EVALUASI PENGELOLAAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM BERBASIS MASYARAKAT DI DESA LADOGAHAR KABUPATEN SIKKA NUSA TENGGARA TIMUR

Sulistia Siga Juang, Katharina (2025) EVALUASI PENGELOLAAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM BERBASIS MASYARAKAT DI DESA LADOGAHAR KABUPATEN SIKKA NUSA TENGGARA TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229161002-COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229161002-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
222916102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229161002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229161002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229161002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229161002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229161002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229161002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Desa Ladogahar membentuk SPAM (Sistem Penyedia Air Minum) Desa untuk memenuhi kebutuhan air masyarakatnya. SPAM Desa Ladogahar dikelola oleh masyarakat desa. Setiap dusun memiliki penanggung jawab pengelolaan SPAM. Sistem penyediaan air bersih di Desa Ladogahar mempunyai beberapa permasalahan. Salah satunya, kondisi pengelolaan SPAM eksisting berbasis masyarakat mengalami penurunan kinerja baik dari aspek teknis, kelembagaan, keuangan, dan sosial, sehingga penyaluran air menjadi tidak optimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi SPAM Desa Ladogahar agar dapat diketahui permasalahan pada SPAM tersebut, menilai tingkat keberlanjutan pengelolaan SPAM, dan menyusun faktor prioritas pengembangan sehingga SPAM desa menjadi lebih optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah mengevaluasi kondisi eksisting dan menganalisis persepsi masyarakat, pengelola dan pemerintah terhadap keberlanjutan pengelolaan SPAM desa. Analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat keberlanjutan SPAM menggunakan rumus indeks, untuk faktor penting dalam keberlanjutan SPAM menggunakan uji Relative Importance Index (RII) dan Confidence Interval (CI), sedangkan untuk menyusun faktor prioritas pengembangan SPAM menggunakan Indeks Prioritas Pengembangan (IPP). Hasil evaluasi dan analisis menunjukkan hasil SPAM cukup berkelanjutan, sedangkan aspek sosial menunjukan hasil SPAM yang berkelanjutan. Faktor prioritas pengembangan dalam pengelolaan SPAM berbasis masyarakat adalah kontinuitas air yang diterima, penambahan kran umum, kinerja pengelola, ketersediaan air baku, cakupan pelayanan, keteraturan pembayaran uiran, dan kuantitas air yang diterima. Untuk terciptanya pengelolaan SPAM yang berkelanjutan maka perlu dilakukan berbagai pembenahan dan pengembangan SPAM baik dari aspek teknis (unit air baku, unit distribusi, unit pelayanan, kuantitas, kontinuitas) dan aspek kelembagaan (lembaga dan keuangan)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desa Ladogahar, Evaluasi Keberlanjutan, Pengelolaan SPAM berbasis masyarakat.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Manajemen Lingkungan (S2)
Depositing User: Katharina Sulistia Siga Juang
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:28
Last Modified: 20 Jan 2025 08:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22820

Actions (login required)

View Item View Item