Agistyawangsa, I Putu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2011031091_COVER.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011031091_ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031091_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031091_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031091_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031091_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031091_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031091_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (762kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011031091_LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V Gugus III Kecamatan Bangli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Gugus III Kecamatan Bangli yang terdiri dari 6 kelas dalam 6 sekolah. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Cluster Random Sampling sehingga setiap kelas mendapatkan peluang yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode tes yaitu mengukur kompetensi pengetahuan PPKn. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) secara signifikan meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa, terbukti dari peningkatan nilai pretest ke posttest serta peningkatan motivasi dan partisipasi siswa dalam kelas. Keyword : Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Team Game Tournament, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Team Game Tournament, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Agistyawangsa |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 00:50 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |