Rahayu, Ni Made Ririn (2025) TEACHERS' PRACTICE AND PERCEPTION IN IMPLEMENTING TECHNOLOGY-MEDIATED TASK-BASED LANGUAGE TEACHING IN SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021043-COVER.pdf Download (635kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021043-ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021043-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor praktik dan persepsi guru bahasa Inggris kelas 8 di SMP NEGERI 4 Singaraja dalam menerapkan pengajaran bahasa berbasis tugas yang dimediasi teknologi (TMTBLT). Penelitian ini mengadopsi desain deskriptif kualitatif untuk menyelidiki fenomena yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi kelas, dan wawancara. Data ini dianalisis untuk mengidentifikasi praktek dan pandangan guru terhadap TMBTLT dan kesenjangan antara pemahaman teoritis dan penerapan praktis. Temuan mengungkapkan bahwa guru memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip TMTBLT dan menyadari manfaatnya. Namun, implementasi praktisnya terkendala oleh tantangan eksternal, seperti terbatasnya akses terhadap teknologi dan ukuran kelas yang besar. Para guru sering menggunakan alat seperti PowerPoint dan YouTube. Mengelola tugas kolaboratif di kelas besar sering kali dihadapkan pada partisipasi yang tidak setara. Hal ini menyoroti kesulitan dalam menerapkan metode yang berpusat pada siswa secara efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan penerapan TMTBLT memerlukan perbaikan infrastruktur yang sistematis dan pengembangan profesional untuk mengatasi keterbatasan ini, sehingga memungkinkan guru menyelaraskan persepsi positif mereka dengan praktik kelas yang efektif. Studi ini menekankan pentingnya mendukung guru dalam mewujudkan sepenuhnya potensi TMTBLT dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik, kolaboratif, dan bermakna bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFL, Communicative Language Teaching, TBLT, TMTBLT, Pandangan Guru, TMTBLT praktik, Manfaat dan Tantangan dari implementasi TMTBLT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ririn Rahayu |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:09 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 07:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |