TEACHERS' PRACTICE AND PERCEPTION IN IMPLEMENTING TECHNOLOGY-MEDIATED TASK-BASED LANGUAGE TEACHING IN SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Rahayu, Ni Made Ririn (2025) TEACHERS' PRACTICE AND PERCEPTION IN IMPLEMENTING TECHNOLOGY-MEDIATED TASK-BASED LANGUAGE TEACHING IN SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021043-COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021043-ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021043-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor praktik dan persepsi guru bahasa Inggris kelas 8 di SMP NEGERI 4 Singaraja dalam menerapkan pengajaran bahasa berbasis tugas yang dimediasi teknologi (TMTBLT). Penelitian ini mengadopsi desain deskriptif kualitatif untuk menyelidiki fenomena yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi kelas, dan wawancara. Data ini dianalisis untuk mengidentifikasi praktek dan pandangan guru terhadap TMBTLT dan kesenjangan antara pemahaman teoritis dan penerapan praktis. Temuan mengungkapkan bahwa guru memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip TMTBLT dan menyadari manfaatnya. Namun, implementasi praktisnya terkendala oleh tantangan eksternal, seperti terbatasnya akses terhadap teknologi dan ukuran kelas yang besar. Para guru sering menggunakan alat seperti PowerPoint dan YouTube. Mengelola tugas kolaboratif di kelas besar sering kali dihadapkan pada partisipasi yang tidak setara. Hal ini menyoroti kesulitan dalam menerapkan metode yang berpusat pada siswa secara efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan penerapan TMTBLT memerlukan perbaikan infrastruktur yang sistematis dan pengembangan profesional untuk mengatasi keterbatasan ini, sehingga memungkinkan guru menyelaraskan persepsi positif mereka dengan praktik kelas yang efektif. Studi ini menekankan pentingnya mendukung guru dalam mewujudkan sepenuhnya potensi TMTBLT dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik, kolaboratif, dan bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: EFL, Communicative Language Teaching, TBLT, TMTBLT, Pandangan Guru, TMTBLT praktik, Manfaat dan Tantangan dari implementasi TMTBLT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Made Ririn Rahayu
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:09
Last Modified: 05 Feb 2025 07:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23014

Actions (login required)

View Item View Item