PELAKSANAAN BLENDED LEARNING SISTEM SINKRONUS DAN ASINKRONUS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Puspitasari, Tu Ayu Rini (2025) PELAKSANAAN BLENDED LEARNING SISTEM SINKRONUS DAN ASINKRONUS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011032-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011032-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011032-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelaksanaan blended learning sistem sinkronus dan asinkronus terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah telaah literatur sistematis dengan teknik analisis data menggunakan meta-analisis. Proses pengumpulan artikel menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP). Data dikumpulkan dari berbagai artikel yang mencakup jumlah peserta, rata-rata nilai, dan standar deviasi kelompok kontrol maupun eksperimen. Tahap awal pencarian diperoleh sebanyak 946 artikel, setelah melewati proses penyaringan terpilih 41 artikel yang dianalisis. Perhitungan effect size menggunakan aplikasi MS. Excel dan aplikasi JASP versi 0.19.1.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa blended learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika peserta didik, dengan nilai rata-rata effect size sebesar 2.400544. Penelitian ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan blended learning sistem sinkronus dan asinkronus terhadap hasil belajar matematika memberikan rata-rata effect size terbesar pada jenjang perguruan tinggi yaitu 4.846936 yang termasuk dalam kategori tinggi. Oleh karena itu, model pembelajaran blended learning terbukti secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata-kata kunci : Meta-analisis, effect size , blended learning, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meta-analisis, effect size , blended learning, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: TU AYU RINI PUSPITASARI
Date Deposited: 09 Feb 2025 04:47
Last Modified: 09 Feb 2025 04:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23099

Actions (login required)

View Item View Item