Dewi, Ni Putu Gita Candrika (2025) PENGARUH PEMAHAMAN PENDEKATAN DESIGN FOR CHANGE DAN KONSEP EVALUASI TERHADAP KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH INKLUSI SMK PUSAT KEUNGGULAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011008-COVER.pdf Download (979kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011008-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2113011008-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011008-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Evaluasi pembelajaran konvensional masih dominan digunakan dalam pembelajaran matematika seringkali kurang relevan bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Implementasi kurikulum matematika SMK-PK juga belum optimal mendukung pendidikan inklusi, karena belum mengadopsi evaluasi berbasis Design Thinking yang ramah ABK dan selaras dengan roh pembelajaran SMK, salah satunya dengan pendekatan Design for Change sebagai penyederhanaan Design Thinking. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh antara pemahaman guru terkait pendekatan Design for Change dan konsep dasar evaluasi pembelajaran terhadap kreativitas guru dalam mengembangkan evaluasi matematika. Pendekatan Design for Change melibatkan empat tahapan utama: Feel, Imagine, Do, dan Share. Penelitian menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 46 guru matematika dari 8 sekolah inklusi jenjang SMK-PK di Kabupaten Buleleng. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Instrumen penelitian telah melalui uji validitas dan reliabilitas, yang menunjukkan tingkat keandalan yang sangat tinggi. Hasil penelitian terkait uji parsial pengaruh pemahaman pendekatan Design for Change terhadap kreativitas guru ditunjukkan oleh uji-t dengan nilai Sig. 0,00 ≤ 0,05 yang bermakna pemahaman pendekatan Design for Change berpengaruh terhadap kreativitas guru. Uji-t juga digunakan untuk mengetahui pengaruh parsial pemahaman konsep dasar evaluasi terhadap kreativitas guru dengan memperoleh nilai Sig. 0,00 ≤ 0,05, bermakna pemahaman konsep dasar evaluasi pembelajaran berpengaruh terhadap kreativitas guru. Pengaruh simultan pemahaman guru terkait pendekatan Design for Change dan konsep dasar evaluasi terhadap kreativitas guru ditunjukkan dengan uji-F yang memperoleh nilai Sig. 0,00 ≤ 0,05 yang bermakna pemahaman pendekatan Design for Change dan konsep dasar evaluasi berpengaruh terhadap kreativitas guru dengan pengaruh simultan sebesar 75,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa pemahaman pendekatan Design for Change dan konsep dasar evaluasi berpengaruh kuat terhadap kreativitas guru. Penelitian ini berperan pada pengembangan evaluasi yang inklusif, meningkatkan kompetensi pedagogik guru, dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika sekolah inklusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran Matematika, Design for Change, Kreativitas Guru, Sekolah Inklusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Gita Candrika Dewi |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 02:21 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 02:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |