Dinayusadewi, Ni Putu (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD PADA MATERI GEOMETRI BERBASIS AUGMENTED REALITY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031128-COVER.pdf Download (496kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031128-ABSTRAK.pdf Download (529kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031128-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031128-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031128-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031128-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031128-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031128-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031128-LAMPIRAN.pdf Download (36MB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran interaktif pada materi geometri Sekolah Dasar yang membuat siswa kesulitan memahami penjelasan yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika pada materi geometri bangun ruang khusnya kubus dan balok berbasis teknologi Augmented Reality untuk siswa kelas V SD, serta mengetahui tingkat kelayakan produk dari subyek uji coba dan validator. Tahap pengembangan media pembelajaran ini terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Untuk metode pengumpulan data digunakan metode observasi langsung dan angket tertutup. Angket hasil penelitian dianalisis dengan menggunkan analisa penilaian skala likert sehingga diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil uji coba terhadap validator ahli materi dengan persentase skor 92,50% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Validator ahli desain media dengan persentase skor 93,00% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Respon penggunaan produk dari tiga orang guru SD dengan persentase skor 89,33% yang termasuk kategori sangat baik. Respon penggunaan produk dari lima belas orang siswa SD dengan persentase skor 83,73% dengan kategori sangat baik.Disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran matematika SD pada materi geometri berbasis teknologi Augmented Reality yang telah dikembangkan dapat digunakan di sekolah dasar sebagai media pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | matematika, media pembelajaran, Augmented Reality. |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU DINAYUSADEWI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 19:40 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 19:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2314 |
Actions (login required)
View Item |