PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL LOMBOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA DAN KARAKTER SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Wardani, Iwan Usma (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL LOMBOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA DAN KARAKTER SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2239031001-COVER)
2239031001-Cover.pdf

Download (795kB)
[img] Text (2239031001-ABSTRAK)
2239031001-Abstrak.pdf

Download (254kB)
[img] Text (2239031001-BAB 1 PENDAHULUAN)
2239031001-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (432kB)
[img] Text (2239031001-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239031001-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (2239031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239031001-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2239031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239031001-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2239031001-BAB 5 PENUTUP)
2239031001-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (2239031001-DAFTAR PUSTAKA)
2239031001-Daftar Pustaka.pdf

Download (511kB)
[img] Text (2239031001-LAMPIRAN)
2239031001-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan menghasilkan buku ajar matematika bermuatan Permainan tradisional Lombok yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematika dan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan PLOMP yang terdiri dari fase investigasi awal, fase design/perancangan, fase realisasi/kontruksi, fase tes, evaluasi/revisi dan fase implementasi. Subjek pengujian efektivitas dilakukan pada siswa kelas II SD Gugus 2 Kecamatan Selong yang jumlahnya sebanyak 158 siswa, yaitu di SDN 4 Pancor sebanyak 58 siswa, SDN 1 Sekarteja sebanyak 50 siswa, dan SDN 2 Sekarteja sebanyak 50 siswa. Dari ketiga sekolah tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu satu kelompok eksperimen sebanyak 88 siswa, dan satu kelompok kontrol sebanyak 70 siswa. Instrumen pengumpulan data literasi matematika menggunakan tes literasi matematika dan instrumen pengumpulan data karakter menggunakan kuesioner. Kedua instrumen tersebut telah memenuhi katagori valid dan reliabel. Metode analisis data untuk memperoleh hasil pengujian efektivitas dilakukan dengan analisis MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) karakteristik buku ajar matematika bermuatan permainan tradisional lombok dengan tahapan menyajikan pertama, pengenalan konsep matematika dasar, kedua penerapan konsep matematika dalam konteks permainan tradisional, ketiga refleksi dan diskusi, keempat penilaian dan umpan balik; (2) Buku ajar matematika bermuatan permainan tradisional Lombok secara keseluruhan dinyatakan valid; (3) Buku ajar matematika bermuatan permainan tradisional Lombok dinyatakan praktis; (4) Buku ajar matematika bermuatan permainan tradisional Lombok lebih efektif dalam meningkatkan literasi matematika dibandingkan buku ajar konvensional; (5) Buku ajar matematika bermuatan permainan tradisional Lombok lebih efektif dalam meningkatkan karakter siswa dibandingkan buku ajar konvensional; (6) Buku ajar matematika bermuatan permainan tradisional Lombok lebih efektif secara simultan meningkatkan Literasi Matematika dan karakter siswa dibandingkan buku ajar konvensional

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar Matematika, Permainan Tradisional, Literasi Matematika, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Iwan Usma Wardani
Date Deposited: 11 Feb 2025 01:34
Last Modified: 11 Feb 2025 01:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23158

Actions (login required)

View Item View Item