Pengembangan Tes Bertahap Terpadu (Progressive Integrated Test) untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep IPA dan Miskonsepsi Peserta Didik SMP Kelas VII

Srinadi, Desak Nyoman (2025) Pengembangan Tes Bertahap Terpadu (Progressive Integrated Test) untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep IPA dan Miskonsepsi Peserta Didik SMP Kelas VII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2323071011-COVER.pdf

Download (429kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2323071011-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2323071011-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan tes bertahap terpadu yang valid, reliabel, dan praktis untuk mengidentifikasi pemahaman konsep IPA dan miskonsepsi peserta didik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model Plomp dan Nieveen terintegrasi langkah-langkah pengembangan tes oleh Oriondo dan Dallo-Antonio. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi dokumen, angket dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Uji coba tes hanya dilakukan pada materi Suhu, Kalor dan Pemuaian. Hasil penelitian diperoleh: (1) karakteristik tes bertahap terpadu termasuk tes diagnostik empat tingkat. (2) Validitas tes bertahap terpadu yaitu validitas teoritis pada aspek isi memperoleh skor 0,98 dengan kategori validitas sangat tinggi, validitas teoritis pada aspek bahasa memperoleh skor 98,48 dengan kategori sangat tinggi dan validitas empiris memperoleh kategori butir soal valid. (3) Reliabilitas tes bertahap terpadu diperoleh nilai r11 yaitu 0,811 dengan kategori reliabilitas tinggi. (4) Kepraktisan tes bertahap terpadu meliputi uji kepraktisan oleh guru IPA memperoleh skor 93,53 dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh skor 82,11 dengan kategori sangat praktis. (5) Rata-rata pemahaman konsep peserta didik pada materi Suhu, Kalor dan Pemuaian yaitu 1,76 dengan kategori rendah. Rata-rata miskonsepsi peserta didik pada materi Suhu, Kalor dan Pemuaian diperoleh sebesar 63% dengan kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan tes bertahap terpadu pada materi Suhu, Kalor dan Pemuaian tergolong valid, reliabel, dan praktis dan mampu mengidentifikasi pemahaman konsep dan miskonsepsi peserta didik pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tes bertahap terpadu, pemahaman konsep, miskonsepsi, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Desak Nyoman Srinadi
Date Deposited: 11 Feb 2025 06:45
Last Modified: 11 Feb 2025 06:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item