Suja, I Ketut (2025) PENGARUH MULTIMEDIA BERBASIS PEMBELAJARAN LINGKUNGAN DAN KOOPERATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN SANITASI DI POLITEKNIK NEGERI BALI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (1939011032-COVER)
1939011032-Cover.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text (1939011032-ABSTRAK)
1939011032-Abstrak.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (1939011032-BAB 1 PENDAHULUAN)
1939011032-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text (1939011032-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939011032-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1939011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939011032-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (1939011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011032-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (1939011032-BAB 5 PENUTUP)
1939011032-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1939011032-DAFTAR PUSTAKA)
1939011032-Daftar Pustaka.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text (1939011032-LAMPIRAN)
1939011032-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) perbedaan pengaruh multimedia berbasis pembelajaran lingkungan dan multimedia berbasis pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa; 2) perbedaan pengaruh multimedia berbasis pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dan multimedia berbasis kooperatif student-team achievement division (STAD) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, dan 3) pengaruh interaktif antara multimedia (pembelajaran lingkungan v.s pembelajaran konvensional) dan multimedia (kooperatif GI v.s kooperatif STAD) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam perkuliahan Sanitasi di Politeknik Negeri Bali. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Non-equivalent Control Group Design versi faktorial 2 x 2. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan pariwisata program studi perhotelan Politeknik Negeri Bali. Pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling , maka terpilih Kelas A (n = 31) kelompok mahasiswa yang mengikuti metode pembelajaran lingkungandan kooperatif GI, Kelas B (n = 27) kelompok mahasiswa yang mengikuti metode pembelajaran lingkungan STAD. Kelas C (n = 34) kelompok mahasiswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional GI dan kelas D (n = 33) kelompok mahasiswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional STAD. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes pemahaman konsep dan kemampuan berikir kritis, yang telah diujicobakan. Data penelitian dianalisis dengan MANCOVA. Hasil analisis menyatakan temuan-temuan sebagai berikut. 1) Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis antara mahasiswa yang belajar dengan multimedia berbasis pembelajaran lingkungan dan multimedia berbasis pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan strategi belajar kooperatif GI dengan kelompok mahasiswa yang menggunakan strategi belajar kooperatif STAD. 3) Tidak terdapat pengaruh Interaktif antara metode pembelajaran (multimedia berbasis lingkungan versus konvensional) dan model pembelajaran koopreatif (GI versus STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Group Investigation, Student Team Achievement Division, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I KETUT SUJA |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 01:21 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |