PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN GERAK DASAR PANAHAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA PARA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI BALI MANDARA

Diah, Made (2025) PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN GERAK DASAR PANAHAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA PARA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011009-COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011009-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011009-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media latihan gerak dasar panahan berbasis video tutorial guna meningkatkan keterampilan gerak dasar pada para peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri Bali Mandara, penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE, yang meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Proses validasi produk ini melibatkan ahli isi, ahli media, ahli desain, praktisi lapangan, serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Tahap validasi produk yang dilakukan oleh ahli isi dapat memperoleh jumlah persentase 100% dengan kategori sangat baik, ahli media memperoleh jumlah persentase 96% dengan kategori sangat baik, ahli desain memperoleh jumlah persentase 98% dengan kategori sangat baik, dan untuk praktisi lapangan memperoleh jumlah skor 98% dengan kategori sangat baik. Artinya media latihan berbasis video tutorial ini secara keseluruhan valid untuk digunakan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media media video tutorial ini sangat efektif, dengan skor rata-rata 2,92 dengan kategori (sangat baik) pada uji coba kelompok kecil. Sedangkan uji coba pada kelompok besar memperoleh rata-rata 2.92 dengan kategori (sangat baik). Hal ini menunjukan bahwa media ini dinilai menarik, mudah dipahami, mudah di mengerti dan dapat membantu para peserta ekstrakurikuler untuk meningkatkan penguasaan gerak dasar panahan. Penggunaan media ini diharapkan dapat menjadi sebuah solusi inovatif dalam melakukan latihan teknik panahan dan dapat meningkatkan prestasi para perserta ekstrakurikuler pada SMA Negeri Bali Mandara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Panahan, Video Tutorial, Ekstrakurikuler.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Made Diah Karisma Utami
Date Deposited: 11 Feb 2025 12:53
Last Modified: 11 Feb 2025 12:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23207

Actions (login required)

View Item View Item