PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER, SISTEM KOMPENSASI, REKRUTMEN, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

JUMADI, JUMADI (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER, SISTEM KOMPENSASI, REKRUTMEN, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239011013-COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239011013-ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2239011013-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2239011013-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2239011013-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011013-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2239011013-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239011013-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kepemimpinan visioner, sistem kompensasi, rekrutmen, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini bersifat ex-post facto ini dilakukan pada guru SMP Negeri di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Populasi penelitian ini 1.168 orang dan pengambilan sampel teknik sampling random proporsional berstrata (stratified proportional random sampling). Penetapan jumlah sampel menggunakan formula Morgan dan Warwick dan Lininger dan diperoleh sampel 340 orang. Data kelima variabel dikumpulkan dengan kuesioner model tertutup dengan lima pilihan. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan Structural Equation Modeling dan Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian adalah: (1) deskripsi kuantitatif variabel kepemimpinan visioner, sistem kompensasi, rekrutmen dan motivasi kerja dan kinerja guru pada kategori sangat tinggi. (2) model persamaan struktural yang dibentuk dari variabel penelitian pada kategori sangat kuat untuk memprediksi variabel dependen kinerja guru pada Q2 = 0,959, (3) kepemimpinan visioner berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dengan nilai koefisien 0,728, T-Statistik 2,367 dan taraf signifikansi 0,019. (4) kepemimpinan visioner berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien 0,333, T-Statistik 2,033 dan taraf signifikansi 0,043. (5) sistem kompensasi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dengan nilai koefisien 0,445, T-Statistik 5,720 dan nilai taraf signifikansi 0,000. (6) sistem kompensasi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien 0,157, T-Statistik 2,022 dan taraf signifikansi 0,044. (7) rekrutmen berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dengan nilai koefisien 0,239, T-Statistik 2,276 dan taraf signifikansi 0,021. (8) rekrutmen berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien 0,749, T-Statistik 6,415 dan taraf signifikansi 0,000. (9) motivasi kerja berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien 0,229, T-Statistik 2,180 dan taraf signifikansi 0,032. (10) kepemimpinan visioner berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja dengan nilai koefisien 0,167, T-Statistik 2,929 dan taraf signifikansi 0,008. (11) sistem kompensasi berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja dengan nilai koefisien 0,104, T-Statistik 2,971 dan taraf signifikansi 0,004. (12) rekrutmen berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja dengan nilai koefisien 0,155, T-Statistik 2,460 dan taraf signifikansi 0,011. Variabel mediator motivasi kerja menjadi mediasi penuh pengaruh variabel independen kepemimpinan visioner, sistem kompensasi dan rekrutmen terhadap kinerja guru. Direkomendasikan untuk menerapkan kepemimpinan visioner, sistem kompensasi, rekrutmen dan motivasi kerja yang terbukti berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja guru. Kata-kata kunci: kepemimpinan visioner, sistem kompensasi, rekrutmen, motivasi kerja, kinerja guru

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan visioner, sistem kompensasi, rekrutmen, motivasi kerja, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: JUMADI
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:23
Last Modified: 13 Feb 2025 07:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23248

Actions (login required)

View Item View Item