INVESTIGATION OF THE EFFECT OF TBLT-BASED DIGITAL STORYBOOK ON STUDENTS’ ENGLISH LEARNING IN SMPN 2 SINGARAJA

Nareswara, I Dewa Made Prema (2025) INVESTIGATION OF THE EFFECT OF TBLT-BASED DIGITAL STORYBOOK ON STUDENTS’ ENGLISH LEARNING IN SMPN 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021199-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021199-ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021199-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021199-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021199-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021199-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021199-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021199-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021199-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh signifikan penggunaan buku cerita digital berbasis Task-Based Language Teaching (TBLT) terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa dan empat keterampilan berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol yang hanya menerima post-test. Populasi penelitian ini terdiri dari 264 siswa kelas tujuh di SMPN 2 Singaraja, dengan sampel sebanyak 63 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling, dengan asumsi kelompok tersebut homogen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga instrumen: rencana pelaksanaan pembelajaran, post-test, dan rubrik penilaian yang telah divalidasi oleh dua ahli. Penelitian dilaksanakan dalam lima pertemuan, empat pertemuan untuk pemberian perlakuan, dan satu pertemuan untuk post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 27 dengan pendekatan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kompetensi bahasa Inggris siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Sig < 0,05). Siswa yang diajar dengan buku cerita digital berbasis TBLT menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan metode tradisional. Buku cerita digital berbasis TBLT memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi bahasa Inggris siswa dan empat keterampilan bahasa (> 0,14), kecuali untuk keterampilan membaca yang menunjukkan pengaruh sedang (< 0,14). Temuan ini mengindikasikan bahwa buku cerita digital berbasis TBLT merupakan media pembelajaran yang efektif dan sangat dianjurkan untuk digunakan dalam proses pembelajaran di masa depan, karena dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Berbasis, Tugas Buku Cerita Digital, Kompetensi Bahasa Inggris, Keterampilan Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Dewa Made Prema Nareswara
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:18
Last Modified: 14 Feb 2025 03:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23285

Actions (login required)

View Item View Item