PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI GUGUS I GUSTI NGURAH RAI KECAMATAN DENPASAR TIMUR

Sukanadi, Ni Wayan Sri (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI GUGUS I GUSTI NGURAH RAI KECAMATAN DENPASAR TIMUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041042-COVER.pdf

Download (333kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041042-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041042=BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041042-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPAS siswa, (3) perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki minat belajar tinggi, (4) perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus I Gusti Ngurah Rai, Kecamatan Denpasar Timur yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 264 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari SD N 1,SD N 2, dan SD N 6 penatih dengan jumlah siswa 120 orang siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar IPAS siswa. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji ANAVA 2 jalur yang dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD).Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 6,292 ; p<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPAS siswa (F = 25,189 ; p<0,05), (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki minat belajar tinggi (F = 90,376 ; p<0,05), dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah (F = 5,552 ; p<0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning berbasis etnosains, minat belajar, hasil belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Wayan Sri Sukanadi
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:48
Last Modified: 14 Feb 2025 09:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23329

Actions (login required)

View Item View Item